BAB 3 SISTEM KOMPUTER - Pengantar Teknologi Informasi


SISTEM KOMPUTER

Hardware, terdapat 4 Konsep Hardware, yakni:
Ø  Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer.
-          Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), scanner, voice recognizer, dll.

-          Alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
Contoh dari alat input antara lain:


Keyboard
=
Papan Ketik yang berfungsi memasukan data baik itu char (Karakter), number (nomor) atau symbol.
Mouse
=
Sebuah alat input yang digunakan untuk menunjukan cursor (Pointer)
Scanner
=
Alat input yang berfungsi untuk men duplikat / mengcopy teks/gambar dari kertas/foto dsb
Joystick
=
Alat input yang berfungsi memberikan masukan namun biasanya dipakai dalam game
Camera Digital
=
Input gambar
Microphone
=
Input suara
Touch Screen
=
Digunakan memberikan instruksi sama seperti mouse namun kelebihan nya di sentuh

Ø  Alat Pemproses adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input.
-       Memori utama, terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal.
o   RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu.
o   ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Contoh memory External berupa Hardisk,Flashdisk dan compact disk

-       Central Prosessor Unit
o   CU (Control Unit) befungsi mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. CU mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data di olah serta kapan ditampilkan pada alat output.
o   ALU (Arithmetic And Logic Unit) adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosessor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika.
o   Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

-      Alat Output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.
Monitor
=
Menampilkan display gambar, teks, symbol dsb
Printer
=
Mencetak document yang telah kita buat
Speaker
=
Memunculkan suara yang dapat di input lewat microphone atau mp3
Proyektor
=
sama seperti monitor, namun media proyektor dapat di dinding

-       Alat penyimpanan. Perangkat keras yang melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama.
Contoh dari memori eksternal:

o   FLOPY DISK
Floppy disk drive yang menjadi standar pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan 3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD). Floppy disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1.2 Mbytes (untuk HD). Sedangkan floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk DD dan untuk HD).

o   ZIP drive
ZIP drive berasal dari lomega. ZIP drive berukuran kecil 1,47 inchi. ZIP drive ini memperbaiki keterbatasan kapasitas yang dimiliki oleh floopy disk. Perangkat ini terdiri dari floopy drive dan cartridge floopy khusus, yang mampu menampung sampai 100MB data.

o   Hardisk
Hardisk juga meyimpan data dalam bentuk track, sektor, dan cluster.
§  Hardisk Nonremovable (Hardisk Internal) adalah hardisk yang tetap berada di dalam unit sistem komputer dan digunakan untuk menyimpan hampir semua program dan sebagian besar file data. Hardisk jenis ini terdiri dari beberapa piringan logam atau kaca (glass) berdiameter 1 sampai 5,25 inci (umumnya 3,5 inci), tersusun dalam bentuk kumparan dan berisi data pada kedua sisi piringannya. Head baca/tulis yang terletak di setiap sisi piringan, diatur oleh lengan penggerak yang bergerak maju mundur untuk mencari lokasi yang tepat pada piringan. Kapasitas hardisk nonremovable bervariasi antara 40 sampai 300 gigabyte.
§  Hard Removable (Hardisk Eksternal)
Terdapat dua jenis hardisk portabel, antara lain :
§  Hardisk Eksternal adalah hardisk yang bisa ditempatkan di luar unit sistem dan tetap berpembungkus anti udara. Melalui kabel, hardisk dihubungkan ke unit sistem komputer ke port FireWire, USB atau port lain.
§  Hardisk Removable atau hard-drive catridge terdiri dari satu atau dua piringan dilengkapi head baca/tulisnya, terlindung dalam pembungkus kaku serta dapat dimasukkan ke drive catridge pada unit sistem mikrokomputer. biasanya dipakai untuk mem-backup dan memindahkan file-file data berukuran besar.

o   CD-ROM
CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium.

o   DVD (Digital Versatile Disc)
Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang. CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte). Jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4 MB). DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9Gbytes.

Software aplikasi

o   Bahasa pemprograman di bagi menjadi 4 kelompok:
1. Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
2. High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
3. Middle Level Language (seperti bahasa C)
4. Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

o   Bahasa pemprograman berdasarkan tingkat

-       Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi.
Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan program diterjemahkan kepada sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan compiler.
Sebagai contoh adalah :
BASIC, C, C++, COBOL, FORTRAN, Pascal, Java , .NET

-       Bahasa Tingkat Menengah
Disebut tingkat menengah karena bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi maupun rendah.
Contohnya bahasa C.

-       Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah
Bahasa pemrograman yang berorientasi pada mesin. Disebut tingkat rendah karena bahasa ini lebih dekat ke bahasa mesin daripada bahasa manusia.
Contoh : bahasa assembly untuk mikroprosesor Intel 8088.

Brainware
Brainware Kompurter adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputermaupun software komputer.

Tugas Dan Tanggung Jawab Brainware
- Brainware (System Analyst) Orang yang bertugas mempelajari, menganalisa, merancang dan membentuk suatu sistem / prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan oleh pemakai jasa komputer.
o   Tugas Dan Tanggung Jawab
Orang yang yang bertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.

- Brainware (Programmer) Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang. Programmer mentransformasikan apa yang telah dirancang oleh System Analyst ke dalam bentuk kode program (source code) sehingga menghasilkan suatu aplikasi/software.
o   Tugas Dan Tanggung Jawab
Orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program (baik aplikasi maupun system operasi) sesuai system yang dianalisa sebelumnya.Tanggung jawab pemrogram terbatas pada pembuatan program komputer.Pengetahuan programer cukup terbatas pada teknologi komputer, sistem komputer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang diperlukan.Pekerjaan programer sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program. Pekerjaan programer tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang,terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.

\\

Newest
Previous
Next Post »