SISTEM KOMPUTER
Hardware, terdapat 4
Konsep Hardware, yakni:
Ø Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi
memasukan data atau perintah kedalam komputer.
-
Alat input langsung
yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Alat input
langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), scanner, voice recognizer, dll.
-
Alat input tidak
langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat
pemroses. Alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui
media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media
berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang
merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum
diproses lebih lanjut.
Contoh dari alat input antara lain:
Keyboard
|
=
|
Papan
Ketik yang berfungsi memasukan data baik itu char (Karakter), number (nomor)
atau symbol.
|
Mouse
|
=
|
Sebuah
alat input yang digunakan untuk menunjukan cursor (Pointer)
|
Scanner
|
=
|
Alat
input yang berfungsi untuk men duplikat / mengcopy teks/gambar dari
kertas/foto dsb
|
Joystick
|
=
|
Alat
input yang berfungsi memberikan masukan namun biasanya dipakai dalam game
|
Camera
Digital
|
=
|
Input
gambar
|
Microphone
|
=
|
Input
suara
|
Touch
Screen
|
=
|
Digunakan
memberikan instruksi sama seperti mouse namun kelebihan nya di sentuh
|
Ø Alat Pemproses adalah alat-alat yang berfungsi
mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input.
- Memori utama, terbagi menjadi dua bagian yaitu
memori internal dan memori eksternal.
o
RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk
menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu.
o
ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa
dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali
dinyalakan. Contoh memory External berupa Hardisk,Flashdisk dan compact disk
- Central Prosessor Unit
o
CU (Control Unit) befungsi mengatur dan
mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. CU mengatur kapan
alat input menerima data dan kapan data di olah serta kapan ditampilkan pada
alat output.
o
ALU (Arithmetic And Logic Unit) adalah salah satu
bagian dalam dari sebuah mikroprosessor yang berfungsi untuk melakukan operasi
hitungan aritmatika dan logika.
o
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai
kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau
instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di
gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan
selanjutnya.
- Alat Output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan
data-data yang berbentuk informasi.
Monitor
|
=
|
Menampilkan display gambar, teks,
symbol dsb
|
Printer
|
=
|
Mencetak document yang telah kita
buat
|
Speaker
|
=
|
Memunculkan suara yang dapat di
input lewat microphone atau mp3
|
Proyektor
|
=
|
sama seperti monitor, namun media
proyektor dapat di dinding
|
- Alat penyimpanan. Perangkat keras yang melakukan operasi
penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama.
Contoh dari memori eksternal:
o
FLOPY
DISK
Floppy disk drive yang menjadi standar pemakaian
terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan 3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe
kapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD). Floppy disk 5.25”
kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1.2 Mbytes (untuk HD). Sedangkan
floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk DD dan untuk HD).
o
ZIP
drive
ZIP drive berasal dari lomega. ZIP drive
berukuran kecil 1,47 inchi. ZIP drive ini memperbaiki keterbatasan kapasitas
yang dimiliki oleh floopy disk. Perangkat ini terdiri dari floopy drive dan
cartridge floopy khusus, yang mampu menampung sampai 100MB data.
o
Hardisk
Hardisk juga meyimpan data dalam bentuk track, sektor, dan
cluster.
§
Hardisk
Nonremovable (Hardisk Internal)
adalah hardisk yang tetap berada di dalam unit sistem komputer dan digunakan
untuk menyimpan hampir semua program dan sebagian besar file data. Hardisk
jenis ini terdiri dari beberapa piringan logam atau kaca (glass) berdiameter 1
sampai 5,25 inci (umumnya 3,5 inci), tersusun dalam bentuk kumparan dan berisi
data pada kedua sisi piringannya. Head baca/tulis yang terletak di setiap sisi
piringan, diatur oleh lengan penggerak yang bergerak maju mundur untuk mencari
lokasi yang tepat pada piringan. Kapasitas hardisk nonremovable bervariasi
antara 40 sampai 300 gigabyte.
§
Hard
Removable (Hardisk Eksternal)
Terdapat dua jenis
hardisk portabel, antara lain :
§
Hardisk Eksternal adalah
hardisk yang bisa ditempatkan di luar unit sistem dan tetap berpembungkus anti
udara. Melalui kabel, hardisk dihubungkan ke unit sistem komputer ke port
FireWire, USB atau port lain.
§
Hardisk Removable atau
hard-drive catridge terdiri dari satu atau dua piringan dilengkapi head
baca/tulisnya, terlindung dalam pembungkus kaku serta dapat dimasukkan ke drive
catridge pada unit sistem mikrokomputer. biasanya dipakai untuk mem-backup dan
memindahkan file-file data berukuran besar.
o
CD-ROM
CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin
(polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium.
o
DVD
(Digital Versatile Disc)
Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai
diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat
itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang. CD-ROM (Compact Disc
Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya
dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte). Jauh lebih besar jika
kita bandingkan dengan floppy disk (1,4 MB). DVD adalah generasi lanjutan dari
teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki
kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9Gbytes.
Software aplikasi
o
Bahasa pemprograman di bagi menjadi 4 kelompok:
1. Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi,
Visual C)
2. High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
3. Middle Level Language (seperti bahasa C)
4. Low Level Language
(seperti bahasa Assembly)
o Bahasa pemprograman
berdasarkan tingkat
- Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi.
Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah
dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan
program diterjemahkan kepada sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan
compiler.
Sebagai contoh adalah :
BASIC, C, C++, COBOL, FORTRAN, Pascal, Java ,
.NET
- Bahasa Tingkat
Menengah
Disebut tingkat menengah karena bisa masuk ke dalam bahasa tingkat
tinggi maupun rendah.
Contohnya bahasa C.
- Bahasa Pemrograman
Tingkat Rendah
Bahasa pemrograman
yang berorientasi pada mesin. Disebut tingkat rendah karena bahasa ini lebih
dekat ke bahasa mesin daripada bahasa manusia.
Contoh : bahasa assembly untuk mikroprosesor Intel 8088.
Brainware
Brainware Kompurter adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan
pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat
diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi
kemampuan dari hardware komputermaupun software komputer.
Tugas Dan Tanggung Jawab
Brainware
- Brainware (System
Analyst) Orang yang bertugas mempelajari, menganalisa, merancang dan membentuk
suatu sistem / prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi
yang dipesan oleh pemakai jasa komputer.
o
Tugas Dan Tanggung Jawab
Orang yang yang
bertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa
system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain
system yang akan dikembangkan.
- Brainware
(Programmer) Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan
pada sistem komputerisasi yang dirancang. Programmer mentransformasikan apa
yang telah dirancang oleh System Analyst ke dalam bentuk kode program (source
code) sehingga menghasilkan suatu aplikasi/software.
o
Tugas Dan Tanggung Jawab
Orang yang bertugas
mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program (baik
aplikasi maupun system operasi) sesuai system yang dianalisa
sebelumnya.Tanggung jawab pemrogram terbatas pada pembuatan program
komputer.Pengetahuan programer cukup terbatas pada teknologi komputer, sistem
komputer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang diperlukan.Pekerjaan
programer sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi
program. Pekerjaan programer tidak menyangkut hubungan dengan banyak
orang,terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.
\\
ConversionConversion EmoticonEmoticon